Bukit Malimbu Lombok Jelajah 2 Keeksotisan Alam

Ketika berwisata ke Pulau Lombok, bukit Malimbu dan Nipah bisa menjadi  salah satu destinasi yang Anda tuju sebagai  tempat yang asyik untuk menikmati keindahan alam antara perbukitan, lembah dan juga pantai  yang menyatu jadi satu bagian yang memanjakan mata.

Bukit ini terletak di bagian utara kawasan pantai Senggigi masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di sebuah desa bernama Malaka Kecamatan Pemenang, sekitar 10 kilo meter dari Senggigi.

Jika trip Anda ke Lombok untuk menginap atau hanya untuk mengunjungi salah satu dari tiga gili seperti Gili trawangan, Gili Air atu Gili Meno karena termasuk dalam program tour Anda ataupun Anda akan mendaki Gunung Rinjani, biasanya Anda akan diberikan 2 pilihan jalur yang masing-masing jalur memiliki objek wisata dimana Anda dapat keindahan alam.

Jalur pilihan pertama yaitu Anda akan menempuh perjalanan melalui jalur tengah dan Anda dapat berhenti di Hutan Pusuk, hutan lindung yang di huni oleh ratusan kera.

Sedangkan jalur ke dua adalah jalur pantai dimana Anda akan melewati pesisir pantai dan sepanjang perjalanan Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, melalui jalur inilah Anda dapat berhenti di Malimbu.

Jalur pesisir pantai lebih banyak dipilih oleh para traveler karena jalanya lebih lebar, mulus dan tidak terlalu rame dibandingkan jalur tengah. Bukit malimbu sendiri terbagi menjadi 2 spot:

Bukit Malimbu 1

Di spot pertama yang disebut dengan Malimbu 1 Anda dapat menikamti pemandangan dari atas ketinggian tebing yang telah di batasi oleh pagaran, dari tempat ini terlihat perbukitan yang hijau, lembah yang dipenuhi oleh pohon kelapa dan juga pesisir pantainya yang berombak tenang dan airnya berwarna bening kehijauan dan diapit oleh perbukitan.

kecantikan bukit malimbu

Hal yang paling menarik perhatian adalah pemandangan sisi tebing di sebelah utara yang menjulur ke lautan, di atasnya terlihat rimbun dan terdapat penginapan sedangkan dibawahnya terdapat lobang besar dan juga batu hitam yang berbentuk candi.

Dari spot ini juga Anda dapat melihat Gili Trawangan dan Gili Meno, di sore hari pemandangannya akan lebih cantik dengan background sunset Gunung Agung Bali yang menjadikan kawasan ini lebih rame di kunjungi pada sore hari.

Sedangkan sisi selatan dari Malimbu Lombok merupakan kawasan yang mulai di penuhi oleh Villa pribadi, sama dengan sisi utara pemandangannya adalah perbukitan, lembah dan juga pantai.

Sisi selatan ini lebih banyak di kunjungi oleh muda-mudi untuk selfie dari atas villa, bahkan salah satu villa yang berada di atas tebing yang pembangunannya belum terselesaikan di jadikan unik oleh pengelolanya dengan menamakannya “Villa Hantu”, berbanding terbalik dengan nama yang terkesan angker, dari atas atap villa Anda dapat berphoto dengan atmospir alam yang luar biasa, cukup membayar uang parkir sebagai tiket masuk.

Malimbu Lombok

Bukit Malimbu 2

Setelah turun dari Malimbu 1 Anda akan melintasi perkampungan nelayan Dusun Nipah, di pingggir jalannya terdapat warung-warung kecil yang menjual ikan bakar dari hasil tangkapan para nelayan dan di sini bagi Anda yang senang wisata kuliner makanan khas Lombok.

Anda dapat menjumpai makanan dari ikan laut yang diabuat menjadi sate yang di kenal dengan sebutan sate Tanjung. Tentu saja rasanya jauh berbeda dari kebanyakan sate yang ada, Anda perlu mencobanya.

Setelah melintasi perkampungan nelayan hanya beberapa menit dari Malimbu 1 maka Anda akan sampai di Malimbu 2, nama sebenarnya dari bukit ini sama dengan tempat ia berada yaitu Bukit Nipah, namun kebanyakan para pengunjung lebih mengenalnya dengan Malimbu 2.

bukit malimbu lombok

Bukit ini lebih rame dari bukit sebelumnya karena area parkirnya cukup besar hingga dapat menampung beberapa bus besar, dari tempat ini gili lebih terlihat jelas, pemandangan yang di tawarkannya pun sangat bagus, disini Anda bisa berjalan kaki melintasi jalan setapak untuk dapat menikmati pemandangan dari perbukitannya yang menjulur ke lautan.

Dari sini Anda dapat melihat perbukitan yang hijau dan pantai berpasir putih yang di penuhi oleh perahu-perahu nelayan dan air lautnya yang bening.

Banyak pengunjung yang mengabadikan momentum meraka dari tempat ini, tapi Ada baiknya Anda berhati-hati karena perbukitan yang menjulur ke laut ini berada pada tebing yang curam tanpa pagar pembatas.

bukit malimbu 2

Ke 2 bukit ini merupakan destinasi peristirahatan sementara bagi para traveler yang melintas ke destinasi lainnya terutama bagi mereka yang akan berkunjung ke 3 Gili, disini Anda akan menjumpai para pedagang asongan yang menawarkan kaos, mutiara dan juga perlengkapan ketika berada di Gili seperti songkok, sandal jepit dan kaca mata hitam.

Tips:
Siapkan diri Anda sebelum berangkat karena tidak ada fasilitas umum seperti toilet, atau restaurant yang ada warung-warung kecil yang menjual makanan ringan, jagung bakar dan kelapa muda.

Ketika Anda melintasi jalan berhati-hatilah karena banyak kawanan kera yang turun dari bukit, jangan sampai Anda menabraknya, jika Anda biker isi full tangki Anda sebelum melintasi jalan ini karena jarak SPBU terdekat sekitar 10 km.

Disaat Anda menikmati pemandangan jangan pernah melewati pagar pembatas karena Bukit Malimbu berada di tebing yang terjal di atas laut.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *