Gili Nanggu Lombok Dan 8 Alasan Baru Mengunjunginya

Gili Nanggu Lombok adalah salah satu gugusan pulau kecil berpasir putih yang di huni ribuan jenis ikan, terumbu karang dan juga tak berpenghuni dari 11 pulau kecil lainnya yang ada di Sekotong Lombok Barat. Tempat ini lebih private karena hanya terdapat 1 penginapan jadi Anda akan lebih merasakan kehidupan pulau kecil.

Nanggu merupakan yang paling populer karena di jadikan destinasi pertama yang di buka dan merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang sangat memikat dan syurga untuk wisata bahari.

Namun, tidak hanya itu ada beberapa aktifitas dan pulau lain di sekitar Nanggu yang juga memiliki daya tarik tersendiri jika berwisata ke Nanggu dan saat ini makin populer.

Coba tonton video ini, kemudian komentari!

7 Daya Tarik di Sekitar Gili Nanggu


1. Gili Layar – Hamparan Karang Biru Memanjakan Mata

Gili Layar berada di bagian paling ujung dari 10 gili lainnya pulau ini di penuhi beragam jenis terumbu karang dan salah satu yang terkenal adalah “blue coral” yang hanya dapat di jumpai di 2 tempat di dunia yaitu di laut Caribbean dan Lombok.

Tidak ada yang dapat Anda jumpai di daratnnya selain hamparan rimbun, tapi hanya beberpa meter dari bibir pantainya anda pasti kagum dengan ke hidupan bawah lautnya yang begitu terjaga, tempat ini hanya di kunjungi untuk snorkeling dan diving.

2. Gili Sudak – Temapat Asyik Menikmati Makan Siang

Gili sudak berada di bagian utara, biasanya pulau ini di kunjungi setelah wisatawan puas snorkeling di Gili Nanggu. Di tempat ini terdapat 1 restaurant dan juga penginapan dan beberapa warung kecil, jadi untuk makan siang lebih baik di pulau ini.

Anda dapat menikmati makanan di pinggir pantainya yang berombak tenang sambil menikmati pemandangan perbukitan yang hijau.

3. Gili Kedis – Pulau Berbentuk Lambang Cinta

Gili kedis biasanya di kunjungi dalam perjalanan pulang, pulau kecil ini memiliki keunikan dari segi bentuk yang mirip dengan lambang cinta, di pinggir pantainya terdapat bebatuan yang berbentuk paluh sehingga air laut yang masuk ke bebatuan ini terlihat seperti aliran sungai.

Selain beberapa pulau tersebut para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Sekotong ini juga dapat melakukan  aktifitas liburan lainnya seperti:

4. Camping

Camping di pulau bisa menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan, biasanya camping dalam system grup dari kalangan mahasiswa atau juga para kariawan perusahaan. Bisanya aktifitas ini di lakukan di Gili Nanggu dan Sudak.
Tetapi Anda harus dapat izin dulu pihak desa setempat.

5. Kayaking

Aktifitas kayaking juga biasanya di lakukan di Gili Sudak, karena ombaknya yang begitu tenang dan dangkal siapa pun pasti mau mencobanya. Anda dapat menyewa kayak yang di lengkapi dengan live jaket di depan penginapan Gili Sudak.

6. Memancing

Aktifitas yang satu ini tidak boleh di lakukan di sekitar Nanggu, Sudak dan Kedis karena ke 3 temapt ini di jadikan kawasan konservasi karang dan penyu. Bisanya memancing di lakukan di sekitaran pulau lain, biota laut yang masih terjaga membuat ikan-ikan di sekitran Sekotong sangat berlimpah dari jumlah dan juga ukuran.

7. Snorkeling

Pusat snorkeling di Gili Nanggu berada di bagian timur pulau dimana kebanyakan perahu berlabuh, salah satu yang pasti membuat Anda kagum ketika snorkeling di bagian ini adalah ikan badai yaitu sekumpulan ikan baronang yang berjumlah ribuan berputar-putar sehingga ia terlihat seperti badai.

Tapi tidak hanya di nanggu di semua pulau Anda bisa melakukan snorkeling dan ada baiknya Anda membawa roti yang dimasukan ke dalam botol bekas air minum dan tutupnya di lobangi sehingga Anda lebih mudah bercengkrama dengan beragam jenis ikan di pulau ini.

8. Diving

Snorkeling dan diving merupakan daya tarik yang di miliki dari pulau-pulau tersebut, airnya yang sangat tenang yang hampir tidak berombak bahkan serasa di danau, dapat Anda nikmati mulai dari menaiki perahu dan kejernihan air lautnya hingga Anda dapat melihat dasar laut, merupakan nilai lebih dari kawasan ini.

Lokasi

Gili nanggu, Sudak dan Kedis beralamat di Desa Medang Kecamatan Sekotong, bagian pesisir selatan Lombok Barat. Untuk bisa sampai ke tempat ini cukup mudah karena transportasi  menyebrang ke pulau sudah cukup memadai.

Paket Wisata Gili Nanggu

Jika Anda ingin berlibur ke Gili Nanggu tanpa harus menginap. Para travel agent di Lombok menyediakan paket wisata harian ke pulau ini, salah satunya kami.

Paket ini sangat cocok bagi Anda yang menginap di sekitran Senggigi atau Mataram dan juga bagi Anda yang ingin lebih menikmati wisata bahari.

Paket Tour ini berdurasi 11 jam

Dengan 3 tujuan tempat wisata:
1. Gili Nanggu
2. Gili Sudak
3. Gili Kedis

Rencana Perjalanan

Penjemputan di hotel dan menuju pelabuhan Tanjung Kelor.

Preparing dan menuju Gili Nanggu untuk bersenorkling, setelah puas Anda akan di ajak ke Gili Sudak untuk makan siang dan beristrihat sambil menikmati ke indahan pantainya.

Perjalanan selanjutnya menuju Gili Kedis, di tempat ini Anda bisa snorkeling atau berenang sambil bermain dengan bintang laut.

Kemudian perjalan balik menuju pelabuhan Tanjung Kelor.

Dalam perjalan pulang menuju hotel Anda bisa berhenti di pusat oleh-oleh khas Lombok, untuk berbelanja.
Kemudain selanjutnya menuju restaurant pilihan untuk makan malam dan setelahnya menuju hotel.

Harga Paket Wisata Gili Nanggu

Jumlah Peserta Harga/Orang
1-2 Orang Rp 890.000
3-4 Orang Rp 750.000
5-6 Orang Rp 675.000
7-8 Orang Rp 530.000
9-10 Orang Rp 470.000
11-12 Orang Rp 395.000
Harga Sudah Termasuk

  • Mobil dan bensin selama tour
  • Boat ke 3 gili
  • Masker dan Pin untuk snorkeling
  • Sopir dan pemandu wisata yang professional
  • Biaya masuk di objek wisata
  • Guide lokal di objek wisata

Harga Tidak Termasuk

  • Tiket pesawat
  • Hotel tempat menginap sesuai pilihan
  • Keperluan pribadi

Cara Ke Gili Nanggu

Ada dua cara untuk bisa menyebrang ke pulau ini:


1. Melalui  Pelabuhan Lembar

Lembar merupakan pelabuhan ferry Bali – Lombok, jarak tempuh dari tempat ini cukup dekat sekitar 20 – 30 menit.

Jalur ini lebih banyak di tempuh oleh mereka yang akan menginap di Gili Nanggu Cottage karena disini tersedia perahu yang telah disediakan oleh pihak hotel, tapi bukan berarti yang tidak menginap tidak bisa menempuh jalur ini karena terdapat juga banyak public boat yang di kelola oleh masyarakat sekitar.

Untuk bisa mencapai Pelabuhan Lembar Anda bisa menggunakan jasa angkot, jika dari Mataram atau Senggigi naik angkot menuju terminal Mandalika, dari terminal ini menuju pelabuhan Lembar.

rute ke lembar dari senggigi

Tapi, jika datang dari bandara Anda menggunakan jasa damri dan berhenti di patung sapi Gerung, dari tempat ini naik angkot ke pelabuhan. Jalur ini banyak di tempuh oleh para backpacker karena lebih murah.

2. Melalui Pelabuhan Tanjung Kelor

Pelabuhan Tanjung Kelor Sekotong Barat, untuk bisa mencapai tempat ini  sedikit lebih jauh dari pelabuhan Lembar tapi kebanyakan pengunjung lebih banyak menempuh jalur ini karena pemandangan sepanjang perjalanan menuju sekotong sangat indah.

Untuk mencapai Sekotong ada baiknya menggunakan jasa travel dengan menyewa mobil karena tidak terdapat angkutan umum menuju tempat ini.

rute ke gili nanggu dari senggigi

Alasan lainnya pengunjung  lebih banyak memilih tempat ini karena lebih terkesan pribadi dalam penggunaan perahu karena system carter.

Harga perahu yang di tawarkan sudah termasuk peralatan snorkeling seperti pin, pelampung dan masker serta touring ke 3 gili.

Hotel di Sekitar Gili Nanggu


Cocotinos
kokotinus sekotong

Nirvana Sudak

Place Bungalow

Krisna Bungalow

Touring Tips:

  • Jika Anda memilih melalui jalur Sekotong, sebaiknya tour Anda di mulai sekitar jam 8 atau 9 dari pelabuhan, karena tour biasanya akan mengunjungi lebih dari 1 pulau, sebaiknya komunikasikan dengan travel agent pilihan Anda.

 Pulau mana saja yang akan Anda kunjungi selain Nanggu, karena banyak traveler juga mengunjungi 3-5 pulau dalam sekali tour.

Kami sangat merekomendasikan Anda mengunjungi Gili Layar yang kaya dengan karang dan biota lautnya yang belum terjamah.

  • Tour biasanya tidak termasuk makan siang, karena restaurant hanya terdapat di Gili Sudak, sebaiknya Anda membawa air minum dan bekal yang cukup.
  • Jangan lupakan roti, selain Anda bisa konsumsi sendiri, roti juga dapat menjadi makanan ikan disaat snorkeling dan membuat Anda di gerumuni ikan.
  • Jangan pernah menginjak karang di saat snorkeling, selain merusak rumah ikan pertumbuhan karang juga sangat lamban hanya 0,1 cm dalam 1 tahun.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Terkait

5 thoughts on “ Gili Nanggu Lombok Dan 8 Alasan Baru Mengunjunginya ”

    1. Bedanya pelabuhan Tawaun adalah untuk umum, sedangkan tanjung kelor adalah pelabuhan yang biasa di gunakan oleh travel agar lebih mudah dan juga tidak bercampur dengan masyarakat umum.

      Seperti ke trawangan ada yang melewati bangsal menggunakan public boat tapi kebnyakan tavel agent lebih memilih teluq kodek karena lebih terkesan private dan juga mengedepankan service.

  1. Mohon infonya, adakah boat yang dapat mengantar langsung ke Gili Layar setelah selesai tour 3 Gili (Nanggu, Sudak dan Kedis)? Karena bulan Juni mendatang saya berencana langsung check-in di penginapan Gili Layar setelah menyelesaikan tour di Nanggu dll… Terima kasih sebelumnya.

    1. Mbk Tia

      Cara terbaik Anda meminta langsung ke kapten boat yang telah mengantar Anda tour ke 3 gili untuk mengantar Anda juga ke Gili Layar mereka pasti mau. Jika mereka minta pembayaran lebih mungkin itu sangat wajar karena Gili layar berada di paling ujung dari 11 gili yang ada di sekotong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *