Pantai Mawun: 14 Hal Penting Harus Anda Ketahui Sebelum Berkunjung

Salah satu pantai yang menjadi destinasi favorit para wisatawan di Lombok Tengah bagian selatan adalah Pantai Mawun, pantai ini memiliki dinamika alam yang unik dan masih sangat terjaga keasriannya.

Tapi ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan ke tempat ini yang tidak bisa di abaikan agar liburan Anda nyaman dan menyenangkan.

Keindahan Dan Kegiatan Wisata Di Pantai Mawun

1. Bentuk Pantai

Bentuk pantainya melekung membentuk setengah lingakaran atau seperti tapak kuda yang di apit oleh perbukitan dari tengah laut hingga pinggir pantai di setiap ujung kiri dan kanannya, seolah aliran air yang datang dari laut lepas seperti memasuki gerbang, sebab ini lah pantai di bagian tengahnya berombak cukup tenang.

2. Kegiatan Wisata

Tidak banyak kegiatan wisata yang bisa di coba di tempat ini, namun tempat ini tidak terlalu ramai dan juga pemdangan pantainya membuatnya menjadi pilihan berlibur sambil menikmati keindahnnya.

  • Berenang
  • Surfing
  • Bersantai

2. Lokasi Tepat Untuk Berenang

Bila Anda berenang dengan anak kecil, baiknya Anda memilih lokasi di bagian ujung baik itu di bagian utara atau selatan karena bagain tengah dari pantai ini cukup dalam walapun berombak tenang.

Kecuali Anda ahli dalam berenang tidak masalah memilih bagain tengahnya untuk berenang.

3. Spot Berselancar

Bagian ujungnya merupakan spot untuk bermain selancar karena ombak di bagian ini cukup besar untuk melakukan olahraga yang memacu adrenalin itu.

4. Kursi Malas

pantai mawun lombok

Di pinggir pantai terdapat banyak pohon-pohon besar yang rimbun dan juga terdapat beberapa berugak (gazebo) untuk duduk berteduh, selain itu juga pengelola pantai menyediakan payungan dengan kursi malas bagi para pengunjung, jadi setelah berenang para pengunjung bisa menikmati panorama sambil duduk membaca dan memesan minuman.

Ingat, setiap duduk di kursi malas Anda akan di kenakan biaya tapi jika Anda duduk di gazebo gratis.

5. Film The Beach

Daya tarik pantai ini selain keasriannya, ia juga memiliki pasir berwarna putih lembut dan air lautnya berwarna bening kehijauan, bahkan para traveler sering membandingkan Pantai Mawun dengan pantai yang ada dalam film The Beach yaitu pantai di Kepulauan Phi Phi yang berada di Thailland dan di bintangi Leonardo Dicaprio.

Jadi tidak mengherankan pantai ini pernah beberapa kali dijadikan tempat acara bersekala internasional, walapun fasilitas di kawasan pantai ini belum memadai.

pantai mawun lombok tengah

Fasilitas di Mawun

6. Biaya Masuk

Jika Anda berkunjung ke pantai ini Anda akan melewati jalur yang sama dengan Pantai Selong Belanak, tapi Anda akan memasuki jalan yang belum di aspal sepanjang 50 meter dan membayar tiket masuk 10,000 rupiah.

7. Ruang Ganti

Keeksotisan alamnya belum sebanding lurus dengan fasilitas yang ada, terdapat ada beberapa kamar mandi yang disediakan pengelola dan juga sebagai tempat ganti pakaian.

8. Restaurant dan Hotel

Tidak ada restaurant atau penginanpan di dekat pantai ini, hotel terdekat berada di Kuta. Ada beberapa warung-warung kecil yang menjual makanan ringan, kelapa muda dan juga jagung bakar. baiknya Anda membawa makanan jika Anda ingin berlama-lama menikmati suasana pantai.

9. Pedagan Asongan

Hal lain yang mesti Anda ingat ketika berkunjung ke pantai ini ada banyak pedagang asongan yang menawarkan baju kaos atau kain tenun, jangan pernah menawar atau menjajikan akan membeli nanti jika Anda tidak ingin benar-benar ingin membeli karena sikap mereka sedikit kasar dan tidak sopan, baiknya Anda mengatakan “tidak” ketika mereka menawarkan.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Mawun

Beberapa tahun yang lalu pantai ini sangat jarang di kunjungi wisatwan lokal karena akses jalan yang cukup sulit, kami hanya menjumpai beberapa bule yang datang untuk bermain surfing.

Melihat potensi ini pemerintah melakukan perbaikan infrastruktur jalan sehingga akses ke tempat ini sekarang sudah sangat memadai. Pantai ini juga banyak di kunjungi oleh mereka yang menunggu jam penerbangan pulang karena merupakan destinasi yang dekat dengan bandara.

10. Lokasi

Berada di sebuah dusun kecil yang masih primitive bernama Dusun Mawun, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dari Bandara International Lombok atau sekitar 2 jam dari pusat Kota Mataram.

Akses jalan yang di tempuh sama dengan akses menuju Pantai Selong Belanak di bagian utara dan juga Pantai Seger di bagian selatan.

11. Rute mawun dan transportasi

rute pantai mawun

Rute menuju Pantai maun dari bandara atau dari Mataram melauli jl. Selong Belanak atau Sengkol. Tidak ada angkutan umum menuju tempat ini, jasa transportasi yang bisa Anda gunakan adalah sewa mobil atau sewa motor jika Anda tinggal di sekitaran kuta.

Jika Anda dating dari Mataram atau Senggigi sebaiknya Anda menempuh Jl. Selong Belanak.

12. Perhatikan BBM Anda

Pantai ini berada di lokasi yang cukup sepi, baiknya jika Anda berpergian dengan kendaraan pribadi pastikan kondisi kendaraan Anda benar-benar siap, isi full tangki Anda karena tempat ini jauh dengan SPBU.

13. Waktu tepat berkunjung

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Mawun dari jam 9:00 – 16:00

14. Barang yang tidak boleh Anda lupa

Dan hal lain yang tak kalah pentingnya ketika Anda berwisata pantai adalah, penutup kepala, sun block dan kaca mata hitam.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *