Pantai Selong Belanak, Permata Tersembunyi Lombok

Pantai Selong Belanak merupakan pantai yang paling di kagumi oleh wisatwan asing, di musim liburan Eropa seperti bulan Juni, Juli dan Agustus pantai ini sangat rame dikunjungi wisatawan dari luar negri, bahkan jika Anda datang pada bulan-bulan tersebut, Anda akan merasa asing karena sedikit sekali jumlah wisatwan lokal yang mengunjungi pantai ini, bukan karena akses jalan yang sulit atau fasilitas tapi keterbatasan informasi dan promosi yang menjadikan pantai ini tidak terlalu terkenal dibandingkan pantai-pantai yang lain di Lombok.

Tapi sebenarnya pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa dan tentunya banyak aktifitas yang bisa dilakukan sehingga menarik wisatwan asing untuk berkunjung.

Letak Pantai Selong Belanak

Pantai ini terletak di sebuah desa bernama Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara International Lombok dan masih satu jalur dengan pantai kuta atau Pantai Seger yang juga tak kalah cantiknya. Jika Anda menginap di sekitaran Mataram atau Senggigi anda akan menghabiskan waktu 1,5 jam untuk sampai,  rute yang bisa ditempuh adalah jalur bandara. Tidak ada angkutan umum untuk mencapai pantai ini, Anda mesti menggunkan jasa travel dan biasanya pantai ini termasuk pilihan dalam paket sasak tour.

Tapi jika Anda memutuskan untuk datang sendiri Anda bisa memanfaatkan aplikasi GPS di smartphone pribadi Anda atau peta yang disediakan majalah-majalah gratis pariwisata Lombok Anda bisa cek peta Lombok yang disedaikan oleh Lombok Guide  .

pantai selong belanak lombok

Hal Yang Bisa Dilakuakan Di Pantai Selong Belanak

Kawasan Lombok Tengah bagian selatan memang memilki begitu banyak pantai yang cantik dengan dinamika alam yang khas. Selong Belanak sendiri memiliki tekture pantai seperti setengah lingkaran, dengan bibir pantai yang sangat luas dan di apit oleh perbukitan pada bagian utara dan juga selatan.

Bibir pantai berpasir putih dengan lebar sekitar 10 meter dan panjang sekitar 1 kilo meter, ombaknya cukup tenang dan lautnya dangkal sehingga pantai ini kebanyakan dijadikan sebagi tempat belajar surfing dari segala usia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan para penduduk lokal menyediakan fasilitas penyewaan papan surfing dan juga kursus berselancar.

surfing di pantai selong belanak

Banyak wisatawan asing menyebut Pantai Selong Belanak seperti pantai Hawaii karena dari tekture alamnya dan juga gaya warung-warung di pinggir pantai yang masih sangat traditional menggunakan ilalang dan juga bambu, Anda tidak akan melihat bangunan permanen disini.

Cuaca trik di pantai memang cukup menyengat, tapi jika Anda duduk di warung-warung kecilnya akan terasa begitu teduh, sambil menikmati kelapa segar dan alunan musik pantai, mungkin sebab itulah mereka mengandaikannya dengan Hawaii. Untuk lebih menikmati Anda juga bisa bersantai di bawah payungan yang telah disediakan kursi malas yang disediakan para pemilik warung di depan pantai.

Banyak pengunjung menikmati keindahan pantai ini dari bawah payungan sambil membaca buku atau sunbathing. Sedangkan di pinggir pantainya merupakan area anak-anak untuk bermain pasir, dan juga berenang.

Pilihan lain yang bisa di lakukan di pantai ini adalah snorkeling, lautnya yang tenang berwarna biru dan kehijaun serta alam bawah lautnya yang masih terjaga tentu membuat Anda akan lebih menikmatinya dengan bersnorkling, tapi tidak ada penyewaan peralatan snorkeling jadi Anda mesti membawa sendiri.

Di bagian ujung selatan dari pantai selong belanak terdapat rumah penduduk lokal sekitar 40 kepala keluarga yang mata pencarian mereka adalah nelayan, bagi para pengunjung yang senang memancing mereka dapat menyewa perahu kecil dan ditemani pemandu agar dapat memanci di spot-spot sekitaran kawasan pantai ini.

selong belanak

Fasilitas Umum

1. Areal parkir, Anda akan dikenakan biaya 10.000 Rupiah untuk mobil dan 5,000 rupiah untuk motor sebagai biaya tiket masuk dan sekaligus parkir.

2. Penginapan, Kuta Paradise Lombok dan Kuta Indah Hotel adalah penginapan terdekat di kawasan pantai.

Tips:

1. Pantai ini berada di kawasan yang cukup panas, jangan pernah lupa menggunkan sun block, kaca mata hitam dan penutup kepala.

2. Jika Anda berenang atau melakukan aktifitas lainnya, perhatikan barang bawaan Anda yang bisa dititipkan di salah satu warung tempat Anda belanja.

3. Jangan pernah duduk di bawah payungan pinggir pantai jika Anda tidak memesan makanan atau minuman dari warung yang memiliki  payungan tersebut.

4. Waktu terbaik untuk wisata Pantai Selong Belanak jam 9:00 – 16:00, karena berada di daerah dengan jalanan yang masih sepi dan jauh dari fasilitas umum baiknya Anda pulang di bawah jam 16:00 dan pantai ini sepi pengunjung diluar hari libur nasional dan juga musim liburan Eropa.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *