Cara Terbaik Ke Air Terjun Tiu Kelep Dan Sendang Gile

Air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile merupakan 2 air terjun di Lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran.

Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah dan keindahan airnya yang jatuh dari tebing bertingkat dan juga trek untuk mencapainya seperti menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing  akan membuat jiwa petualangan pasti tertantang.

Ke dua air terjun ini lokasinya berdekatan dan paling populer karena berada di kehidupan liar hutan rimbun di bawah kaki Gunung Rinjani, keduanya menawarkan beberapa hal yang sangat mempesona ketika di kunjungi dengan cara soft trekking.

Agar dapat benar-benar merasakan keindahnya Anda bisa mencoba rute yang berbeda.

Lokasi
Berlokasi di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Senaru juga merupakan trek pendakian menuju Gunung Rinjani, daerah ini merupakan kawasan subur di daerah ini terdapat persawahan yang hijau tersusun rapi dan indah dari puncak sampai kaki bukit.

Untuk mencapai Senaru Anda bisa melalui:

  • Jalur pesisir barat.

Melalui kawasan pantai Senggigi melewati Bukit Malimbu sekitar 2 jam perjalanan, tapi jalur ini hanya di tempuh oleh wisatawan yang memilih menggunakan paket tour Lombok atau mereka yang hanya menggunakan jasa rental mobil karena di jalur ini  Anda akan dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa dan tidak terdapat akses angkutan umum.

  • Jalur Lendang Bajur. 

Melalui pasar Lendang Bajur di Gunung Sari  Anda bisa menggunakan angkutan dan melewati hutan Baun Pusuk sekitar 2.5 jam perjalanan langsung menuju Desa Senaru.

Harga Paket Wisata Air Terjun

Jumlah Peserta Harga/Orang
1-2 Orang Rp 890.000
3-4 Orang Rp 750.000
5-6 Orang Rp 675.000
7-8 Orang Rp 530.000
9-10 Orang Rp 470.000
11-12 Orang Rp 395.000
 Harga Sudah Termasuk 
  • Mobil dan bensin selama tour
  • Sopir dan pemandu wisata yang professional
  • Biaya masuk di objek wisata
  • Guide lokal di objek wisata
 Harga Tidak Termasuk 
  • Tiket pesawat
  • Hotel tempat menginap sesuai pilihan
  • Keperluan pribadi

Rute Ke Air Terjun Sendang Gile Dan Tiu Kelep

Ada dua pilihan ketika Anda sampai di kawasan Senaru untuk dapat mencapai air terjun yaitu:

1. Melalui gerbang utama atau di sebut jalur biasa, disini Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan membayar tiket masuk, kemudian Anda akan menuruni anak tangga sekitar 15-20 menit untuk mencapai Sendang Gile, sedangkan untuk mencapai Tiu Kelep dari air terjun pertama terdapat rute yang merupakan jalan setapak memasuki hutan dan menyusuri sungai.

2. Pilihan kedua adalah melalui jalur irigasi, jalur ini lebih banyak digunakan oleh para wisatwan karena lebih menantang, tidak terlalu menguras tenaga tanpa harus melewati anak tangga yang begitu banyak dan Anda akan lebih merasakan keindahan pemandangan dan nuansa berada di dalam hutan yang kami sebut sebagai soft trekking.

Kami lebih menyarankan Anda menggunakan pilihan kedua ini, selain treknya yang tidak biasa disini juga Anda bisa memesan makan siang ketika Anda balik, dapat mengganti pakain, mandi dan juga solat.

Penggunaan jasa guide lokal biasanya di temukan di counter penginapan-penginapan di sekitar Senaru yaitu sebelum pintu gerbang ke air terjun. Harga yang mereka tawarkan juga variatif  tergantung jumlah orang dalam sekali perjalanan, semua tergantung kepada Anda jika Anda ingin menggunakan jasa mereka atau tidak.

Cek detail harga penawaran paket wisata air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile!

Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile merupakan tujuan pertama karena berada di lokasi yang lebih rendah sekitar 600 meter di atas permukaan laut, Anda akan melalui jalan setapak dan beberapa anak tangga yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat sampai.

Aliran air Sendang Gile diyakini berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani, airnya jatuh dari tebing yang bertingkat di penuhi oleh tumbuhan hijau yang menempel pada sisi tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Untuk merasakan sensasinya Anda bisa mencoba mandi di bawah terpaan airnya yang cukup keras, airnya cukup dingin dan sejuk, bagi para pengunjung yang tidak tahan di bawah terpaan mereka lebih memilih untuk berendam di sungai dari aliran air terjun.

Tempat ini cukup rame di kunjungi oleh masyarakat sekitar Lombok di hari libur, selain sebagai objek wisata Lombok mereka juga meyakini airnya yang dingin dan menyejukan dapat sebagai terapi menyembuhkan sakit pinggang.

Air Terjun Tiu Kelep

Perjalanan Anda tidak akan sempurna tanpa mengunjungi air terjun ke 2 yang berlokasi lebih tinggi, dari air terjun pertama.

Anda akan melewati kawasan hutan hujan dengan pohon-pohon besar di sekeling Anda. Di sinilah Anda benar-benar membutuhkan pemandu agar tidak tersesat, karena setiap pengunjung yang datang ke Tiu Kelep menggunkan jasa pemandu lokal.

Dalam perjalanan Anda akan menaiki tangga dan melewati jembatan beton yang cukup tinggi dan sebenarnya jembatan ini merupakan kanal air, namun di atasnya di tutupi besi dan beton agar dapat di lewati.

Anda mesti sangat berhati-hati melewati jembatan ini karena pagarannya hanya berada di satu sisi dan juga di penuhi lumut licin.

Setelah melewati jembatan Anda akan memasuki kawasan hutan yang di huni beragam satwa, perjalan terus berlanjut melewati beberapa sungai kecil.

Salah satu aturan yang di sarankan ketika Anda melewati sungai sampai ke air terjun Tiu Kelep, jangan pernah menginjakan kaki Anda pada batu besar karena sangat licin, usahakan kaki Anda agar tetap menginjak batu kecil agar tidak tergelincir.

Udara yang sangat sejuk, pemandangan hutan yang luar biasa, aliran sungai dengan airnya yang dingin menjadikan sensasi perjalanan Anda ke air terjun ke 2 ini cukup menajubkan dan menantang.

Sekitar 20 meter sebelum sampai Anda dapat merasakan percikan air yang berterbangan dan suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian. Tidak heran air terjun ini di namakan Tiu Kelep dalam bahasa Sasak yang berarti “terbang renang”.

Tinggi air terjun Tiu Kelep sekitar 45 meter dari tebing yang terbentuk setengah lingkaran di penuhi oleh bebatuan besar di pinggirnya dan juga tumbuhan air yang menempel pada sisi tebing.

Anda mesti berhati-hati ketika mendekati air terjun karena bebatuan yang anda injak sangat licin dan juga karena tebingnya yang setengah lingkaran membuat dorongan angin cukup kencang.

Airnya disisi kolamnya berwana biru muda dan sangat dingin, bahkan orang asing yang berasal dari negri dingin pun tidak tahan mandi terlalu lama.

Jangan pernah mandi terlalu tengah atau berpikir untuk sangat dekat dengan terpaan airnya karena volume airnya yang cukup besar dapat menyeret Anda ke dasar kolam.

Setelah puas mandi, di saat perjalan pulang pemandu akan mengajak Anda melewati trek menantang setelah melewati jembatan Anda akan di ajak melewati gua yang juga di aliri air yang berasal dari air terjun.

Kedalaman gua ini sekitar 100 meter dengan ketinggian air samapi lutut orang dewasa dan siap-siap menyalakan senter, disini juga Anda dapat melihat kawanan kelalawar yang tidur bergelantungan dan begitu keluar Anda akan berada dekat dengan air terjun pertama.

Akomodasi di Senaru

Banyak wisatawan menjadikan Senaru sebagai destinasi untuk dapat merasakan ke hidupan desa yang damai dan asri dengan pemandangan yang menajubkan karena sebagai jalur pendakian di senaru juga terdapat objek wisata lain seperti Desa Adat Segenter sehingga terdapat banyak hotel dan penginapan murah di kawasan ini, sperti:

 Rinjani Lodge
 
 
 Mr. Din Rinjani Trail 
 
 

Tips Wisata Ke Ari Terjun Tiu Kelep Dan Sendang Gile

  • Gunakanlah alas kaki anti air seperti sandal jepit atau sepatu anti air dan siapkan juga baju ganti sebelum Anda berangkat.
  • Jangan pernah menginjakan kaki Anda pada batu besar begitu Anda memasuki kawasan hutan hujan, karena sangat licin bisa membuat Anda terpleset.
  • Sesampai Anda di air terjun Tiu Kelep ada baiknya menutupi tas bawaan Anda dengan plastik, agar tidak basah dan berhati-hatilah dengan HP dan kamera Anda karena lensa Anda bisa tertupi dengan dengan percikan air dan membuat hasil jepretan tidak maksimal.
  • Sebelum Anda mandi, perhatikan apakah Anda mengenakan perhiasan. Jika iya, baiknya Anda melepasnya.
  • Karena tempat ini merupakan kawasan hutan lindung, perhatikan sampah Anda, ketika Anda dalam perjalanan sampah dari permen atau makanan ringan dapat Anda kantongi dan membuangnya di bak samapah yang telah disediakan di setiap poin air terjun.

Terkait

One thought on “ Cara Terbaik Ke Air Terjun Tiu Kelep Dan Sendang Gile ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *